Inilah 20 Sifat Istri Yang Durhaka Terhadap Suaminya dan Cara Mengatasinya

Bagi para wanita yang belum bersuami atau sudah bersuami, sebaiknya baca tulisan di bawah ini, tentang sifat dan perilaku kedurhakaan seorang istri kepada suaminya.

Jangan sampai terjadi, dimana ada saatnya ketika kemarahan dan kejengkelan kekecewaan sudah memuncak ke ubun-ubun. 

Inilah 20 Sifat-sifat Istri yang Durhaka pada Suaminya 

BACA JUGA:

1. Mengabaikan Wewenang Suami

Rasulullah saw menggambarkan seandainya seorang suami memerintahkan suatu pekerjaan berupa memindahkan bukit merah ke bukit putih, atau sebaliknya, maka tidak ada pilihan bagi istrinya melainkan melaksanakan perintah suaminya.

2. Menentang Perintah Suami


Rasulullah saw bersabda: "Tidaklah seorang perempuan menunaikan hak Tuhannya sehingga ia menunaikan hak suaminya."
(HR. Ahamd & Ibn Majah).

3. Enggan Memenuhi Kebutuhan Seksual Suami


Karena itu Islam menegaskan bahwa istri yang menolak ajakan suaminya membuka pintu laknat terhadap dirinya.

4. Tidak Mau Menemani Suami Tidur


"Bila seorang istri semalaman tidur terpisah dari ranjang suaminya, maka malaikat melaknatnya sampai subuh."

5. Memberatkan Beban Belanja Suaminya


Suami yang baik akan berusaha memberikan nafkah lahir batin kepada istrinya. Namun usaha yang sama kuatnya tidak semestinya menghasilkan yang sama. Justru itu sang isteri hendaklah bertolak ansur dengan suaminya. Jagalah permbicaraan dan kata-kata jangan sampai menyinggung, menyakiti atau justru malah membuat sedih suaminya. Istri yang selalu membuat hati suami sedih bahkan menangis, haram bau syurga untuknya.

6. Tidak Mau Bersolek untuk Suaminya


Ketika pergi ke kondangan, pesta perkawinan, atau sekedar pergi berbelanja ke pasar, tidak pernah lupa bersolek atau berdandan. Tapi ketika ada di rumahnya, bau masam dan busuk saja, tambah pula mulut bibir cemberut, merungut.

7. Merusak kehidupan agama suaminya, dengan menghasutnya untuk berbuat dosa atau ingkar


Istri durhaka tidak peduli dengan agama dan amal suami, yang penting kehendaknya dituruti. Ini adalah ciri-ciri istri yang tidak beriman atau jahat hati. Hati dan fikirannya sudah diliputi dunia dan seisi. Tidak peduli azab menanti. Istri yang macam begini boleh dicerai, jika terus-terusan begini dan tidak mau berubah hati.

8. Mengesampingkan kepentingan suami


Diriwayatkan dari Aisyah r.a, ujarnya : Saya bertanya kepada Rasulullah saw: "Siapakah orang yang mempunyai hak paling besar terhadap seorang wanita?" sabda beliau saw : "Suaminya."

Siapakah orang yang paling besar haknya terhadap seorang lelaki?" jawab beliau saw : "Ibunya."
(HR. Bazaar, dan al-Hakim); Hadits Hasan Shahih.

Jadi, jelaslah dari keterangan hadist di atas! Bahwa kepentingan suami harus lebih didahulukan oleh seorang istri dari pada kepentingan ibu kandungnya sendiri.

9. Keluar Tanpa Izin Suami


10. Melarikan Diri Dari Rumah Suami


Rasulullah saw bersabda : "Dua golongan (muslim) yang shalatnya tidak bermanfaat bagi dirinya yaitu hamba yang melarikan diri dari rumah tuannya sampai ia pulang; dan isteri yang melarikan diri dari rumah suaminya sampai ia kembali
(HR. Hakim)

11. Menerima tamu laki-laki yang tidak disukai suaminya


Dalam sebuah hadits, Rasulullah saw menegaskan bahwa seorang istri diwajibkan memenuhi hak-hak suaminya:
1. Tidak mempersilahkan siapapun yang tidak disenangi suaminya untuk menjamah tempat tidurnya.
2. Tidak mengizinkan tamu masuk bila yang bersangkutan tidak disukai suaminya.
(HR. Ibn Majah, Tirmidzi ; hadits hasan shahih).

12. Tidak menolak jamahan lelaki lain


".. Maka wanita-wanita yang shaleh itu ialah yang taat lagi memelihara (dirinya dan harta suaminya)
di kala suaminya tidak ada sebagaimana Allah telah memeliharanya.."
(QS. an-Nisaa : 34).

13. Tidak mau merawat suaminya ketika sakit


14. Puasa sunnah tanpa izin, saat di suami di rumah


15. Menceritakan seluk beluk fisik wanita lain kepada suami


16. Menolak kedatangan suami saat bergilir kepadanya


17. Mentaati perintah orang lain (walau ibu kandung sendiri) di rumah suaminya


18. Menyuruh suami menceraikan madunya


19. Meminta cerai tanpa alasan yang sah


20. Mengambil harta suami tanpa izin



Hadits-hadits yang menguatkan 20 perilaku durhaka istri terhadap suami adalah :

Apabila dipanggil suaminya ia tidak datang

Sabda Rasulullah saw yang bermaksud: "Apabila suami memanggil istrinya ke tempat tidur, ia tidak datang niscaya malaikat melaknat istri itu sampai subuh."
(HR. Bukhari & Muslim).

Membantah atau membangkang suruhan atau perintah suami

Sabda Rasulullah saw :"Siapa saja yang tidak berbakti kepada suaminya, maka ia mendapat laknat Allah dan malaikat serta semua manusia."

Sabda Rasulullah saw : "Siapa saja perempuan yang bermuka masam di hadapan suaminya berarti ia dalam kemurkaan Allah sampai ia tersenyum kepada suaminya, atau sampai ia minta keridhaannya."

Jahat lidah/mulut kepada suaminya.

Sabda Rasulullah saw: "Dan ada 4 golongan wanita yang akan dimasukkan ke dalam neraka (di antaranya) ialah wanita yang kotor/jahat lidahnya terhadap suaminya."

Menghina pengorbanan suaminya.

Rasulullah saw bersabda: "Allah tidak akan memandang (benci) siapa saja perempuan yang tidak BERTERIMA KASIH DI ATAS PENGORBANAN SUAMINYA SEDANGKAN DIA MASIH MEMERLUKAN SUAMINYA."

Tidak mau menerima petunjuk suaminya.

MAKSUD HADITS: "ISTRI YANG DURHAKA HUKUMNYA BERDOSA DAN DAPAT GUGUR NAFKAHNYA KETIKA ITU (suami tidak berdosa jika TIDAK memberikan nafkah lahir atau nafkah bathin).

Jika ia tidak segera bertaubat dan minta maaf dari suaminya, NERAKALAH TEMPATNYA DI AKHERAT KELAK. Maka sebaiknya apapun yang istri lakukan atau perbuat untuk suami niatkanlah semata-mata untuk mematuhi penrintah Allah dan mendapat keridhaan-Nya.

Apabila seorang wanita menunaikan kewajibannya terhadap Tuhannya, mentaati suaminya dan menggerakkan peralatan tenunnya, maka seolah-olah ia membaca tasbih kepada Allah terus menerus. Dan selama alat tenun itu ada pada tangannya, maka seolah-olah ia shalat berjama'ah. Apabila ia menjerang periuk untuk memberi makanan kepada anak2nya niscaya Allah menggugurkan semua dosanya (kecuali dosa besar)."

Apabila seorang wanita shalat 5 waktu, puasa di bulan Ramadhan, menjaga kehormatannya, mematuhi suaminya, maka dapatlah dia memasuki surga."
(HR. Bazaar)

Rasulullah saw bersabda : "Bahwa seorang istri hendaklah menunaikan hajat suaminya, biarpun di waktu sibuk (diumpamakan oleh Rasulullah saw, masih berada di punggung unta)."

Sungguh burung di udara, ikan-ikan di air dan malaikat di langit memintakan ampun untuk seorang istri yang berbakti kepada suaminya, selama ia (istri) selalu dalam keredhaan dan kerelaan suaminya. Dan siapa saja di kalangan istri tidak berbakti kepada suaminya, maka ia mendapat laknat dari Allah dan malaikat serta semua manusia."

Rasulullah saw bersabda : "Jika seorang istri berkata kepada suaminya,"tidak pernah aku melihat kebaikanmu sama sekali, maka hancur leburlah pahala amal kebaikannya."

Siapa saja istri yang minta cerai dari suaminya, tanpa sebab-sebab yang sangat diperlukan (hanya karna kedurhakaannya), maka HARAM-lah bau surga untuknya."

Rasulullah saw bersabda: "Pertama urusan yang ditanyakan kepada istri pada hari kiamat nanti ialah mengenai shalatnya dan mengenai urusan suaminya (apakah ia menjalankan kewajibannya atau tidak)."
Rasulullah saw bersabda :"Empat (4) perempuan yang berada di neraka ialah :

Perempuan yang kotor mulutnya terhadap suaminya. Jika suaminya tidak ada di rumah ia tidak menjaga dirinya dan jika suaminya bersamanya ia memakinya.

Perempuan yang memaksa suaminya untuk memberikan apa yang suaminya tidak mampu. Perempuan yang tidak menjaga (menutup) auratnya dari kaum laki-laki & memperlihatkan kecantikannya (untuk menarik laki-laki selain suaminya).

Perempuan yang tidak mempunyai tujuan hidup kecuali makan, minum dan tidur,
dan ia tidak mau berbakti kepada Allah dan tidak mau berbakti kepada Rasul-Nya dan tidak mau berbakti kepada suaminya.

Firman Allah :"Kaum laki-laki itu pemimpin wanita. Karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (wanita) dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan harta mereka. Maka wanita sholehah ialah mereka yang taat kepada Allah dan memelihara diri ketika suaminya tidak ada menurut apa yang Allah kehendaki.

Wanita-wanita yang kamu kuatirkan akan durhaka padamu, maka nasehatilah mereka. Dan pisahkanlah dari tempat tidur mereka (jangan disetubuhi) dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu bersikap curang. Sesungguhnya Allah itu maha Tinggi lagi maha Besar."
(QS. An-nuur : 34).

Penelusuran yang terkait :
  • tanda suami puas setelah berhubungan
  • suami bahagia di ranjang
  • hukum suami menyusu kepada istri
  • arti suami
  • pengorbanan suami
  • alasan suami tidak bahagia
  • singkatan suami
  • suami adalah segalanya
Inilah 20 Sifat Istri Yang Durhaka Terhadap Suaminya dan Cara Mengatasinya Inilah 20 Sifat Istri Yang Durhaka Terhadap Suaminya dan Cara Mengatasinya Reviewed by Admin on 8:27:00 PM Rating: 5

Ad Home

Powered by Blogger.