Tips Mendidik anak: Cara Mengatasi Anak Nakal

 Tips Mendidik anak: Cara Mengatasi Anak Nakal

Di zaman ini, bukanlah hal mudah untuk mendidik anak agar baik. Apalagi kebanyakan orang tua tidak memberi contoh yang baik itu kepada anaknya. Mengharapkan anak yang baik, tetapi memberi contoh yang buruk atau jahat adalah suatu hal yang sangat bertentangan. Ya walaupun sejahat mana pun orang tua sudah pasti mengharapkan anaknya menjadi orang baik, setidaknya kata nasehatnya sebagai orang tua ditiruti dan dipatuhi.

Orang jahat pun tidak suka kalau orang lain jahat kepada mereka.

Ketika menghadapi anak yang nakal, jangan terburu menghukum. Kadang kala, itu disebabkan karena ketidak tahuan, rasa ingin mencoba, dan ada contoh. 

Tidak Menghukum lebih baik daripada Salah Menghukum
Jadi ketika mendapatkan anak membuat masalah, coba selidiki dulu kenapa melakukan hal tersebut. Bisa jadi ada motif 'positif' menurut-nya yang tidak kita ketahui. Sebelum menghukum, takutnya salah menghukum, jadi lebih baik selidiki lebih dahulu. Jangan langsung emosi apalagi marah membabi buta.

Tekanan hidup di zaman ini, sungguh sangat berat. Justru itu perlu kita mempertebal iman dan keyakinan. Dan yang tidak kalah penting, mempertebal kesabaran. Kesabaran yang dibarengi ilmu pengetahuan atau kefahaman akan membawa kebaikan. Arahnya semoga tidak menyimpang atau rancu.

Akan tetapi ketika, memang memberi hukuman jadi suatu kemestian, maka hukumlah anak dengan bijak. Misalnya dia mencuri, maka setelah selidiki dan interogasi apa motifnya, berikan anak penjelasan itu satu kesalahan, dan harus diberi hukuman. Hukuman tetap harus dijalankan, demi tidak mengulangi kesalahan yang sama dan fatal di hari kemudian. Dengan memberikan kefahaman dan penjelasan terlebih dahulu anak akan menerima hukuman dengan rela.

Beri Hukuman yang tidak melukai fisik dan kejiwaannya

Bila kesalahan fatal dan tidak boleh tidak harus dilakukan hukuman, maka berilah hukuman yang ringan dan tidak melukai fisik maupun kejiwaan. Misalnya bila ketahuan anak mencuri, pukullah tangannya dengan properti yang tidak terlalu bahaya, tapi membuat efek jera pada anak. Agar ia tidak mengulanginya kelak. Tentu setelah diinterogasi dan diselidiki, serta diberikan penjelasan dan pengarahan supaya dia faham yang dia lakukan itu salah, dan tidak boleh diulangi lagi.
#Cara_Mendidik_Anak_Menurut_Islam, #Cara_Mendidik_Anak_usia_2_tahun, .
Tips Mendidik anak: Cara Mengatasi Anak Nakal Tips Mendidik anak: Cara Mengatasi Anak Nakal Reviewed by Saida Waliya on 9:36:00 AM Rating: 5

No comments:

Ad Home

Powered by Blogger.