Tentang RIBA Harta dan ketakutan yang Mendalam

Perlukan keberanian utk bikin terobosan baru, spy cepet raih kesuksesan .., termasuk dalam mengubah jalan kehidupan dari syaitan ke jalan Tuhan. Dari jalan RIBA ke jalan TAQWA. Dari yang suka bergadu kembali ber-TASAMUH (bertoleransi), dari ber-BALAH (suka membantah dan bermujadalah berdebat)  kepada MENGALAH.

Tentang RIBA, Harta, dan ketakutan yang mendalam -

Pekanbaru, pada suatu ketika, pada sebuah perjalanan dengan jimny jangkrik ber AC (Angin Cepoi2), dan dengan obrolan santai bersama seorang Teman yg berjuang keras meninggalkan riba. S=Saya, T=teman.
S : bla bla bla bla bla....
T : Bla bla bla bla..jugak..
S : Men, cerita lah perjalanan lepas dari riba nya. (setahu saya orang ini dulu raja hutang. ada kesempatan sikat. KPR, leasing mobil, CC, dll.)
T : panjang rol. mau yang mana?
S : yg KPR saja lah atau sama kredit mobil sekalian, karna ini seperti nya sudah jadi kebutuhan.
T : Kebutuhan gmn rol? tolong ang pajaleh setek.
S : Ya kan kita butuh rumah, butuh mobil atau motor lah setidak nya. Nah gimana cara nya ang nekad jual jual rumah KPR itu, lunasi hutang di bank dan balek ngontrak?
T : Oh ok, gini, Aku cuma butuh rumah buat tinggal, buat aku dan keluarga ku biar tak kepanasan, kehujanan, dan nyaman buat tinggal. Aku bisa ngontrak saja. Dan itu ku lakukan sekarang.lalu ada yang salah?
S : tapi kau kan jadi ndak punya rumah sendiri? Apa mau ngontrak terus?
T : Ngontrak dulu tepat nya rol. Insya Allah nanti di pinjamkan Allah rumah. Kalau soal ndak punya rumah, pada hakikat nya kan semua yg kita "miliki" sekarang ini bukan benar2 kita miliki. Cuma titipan Allah. Pinjeman. G di bawa Mati, jadi ngontrak atau punya rumah toh sama aja kan. cuma numpang pun kita. :)
S : Ok fine, tapi kalau kita punya rumah sendiri atau ada asset, paling tidak ada yang kita tinggal kan buat anak2 kita kalau kita mati, dan aku yakin kalau kita tanya pada kebanyakan orang pasti jawaban nya sama dengan yg aku bilang ini. ya kan ya kan???
T : kau bicara tentang warisan ya Rol? Tepat nya bagaimana anak2 kita survive dengan warisan kita kalau nanti kita mati?
S : Pas....
T : Gini ya rol, ndak di kehidupan nyata, ndak di sinetron, ndak di pilem2 FTV atau pilem bioskop, rata2 kebanyakan warisan itu malah membawa petaka dan perselisihan buat ahli waris. kau tau kan kita pernah cerita kalau orang tua si "S" malah jual semua tanah dan rumah nya, pakai naik haji, sedekah, dan sisa nya buat beli rumah kecil saja di kampung. ndak ada yg bakal di wariskan lagi. Apa lagi warisan dari hasil RIBA rol. yakin bakal di ridhoi Allah?
S : ndak yakin den men. :D
T : lagian kenapa khawatir anak2 kita nanti bakal menderita kalau ndak ada warisan peninggalan kita?
S : Ya iyes lah khawatir, cemana kau men?
T : berarti kau meragukan anak mu nanti kalau dia besar, ndak yakin dia bisa survive, ndak yakin kalau Allah bakal bersama dia, kenapa ndak yakin rol? Kau terlalu memanjakan anak mu ya? atau masih ndak percaya sama Allah? jgn macam orang ndak bertuhan rol.
jleb...sebuah panah datang dari arah depan, tepat menusuk jantung saya. Pedih, dalam. Mobil saya rem mendadak Pas di depan indomaret.
T : kenapa rol?
S : ndak kenapa2 men. Beli teh botol dulu ya. haus...
Saya berjalan sambil menatap nanar ke depan. Pedih nya masih terasa. marah kah saya? secara naluri iya. Tapi secara akal tidak. Ini nasehat buat saya, masukan. Saya tersinggung? Iya, karna terjadi pada saya. sekarang bagaimana saya menyikapi nya? dengan bijak atau dengan bajak. Kalau dengan bijak saya bakal introspeksi diri. belajar. meminta nasihat lagi. Nah kalau dengan bajak ya sama dengan binatang jadi nya. Saya maki balek dia. bilang dia sok suci. bilang dia merendahkan saya. saya tidak terima. mau berantam kita hayok. atau saya beli 2 teh botol, 1 nya saya kasi obat pencahar.kasih ke teman itu. :D. Alhamdulillah saya memilih untuk menyikapi nya dengan bijak. introspesi introspeksi.
S : Nih men, minum dulu.
T : Thanks rol.
S : Men, kalau misal nya kita ngontrak trus di usir yg punya rumah, gmn rasa nya?
T : masih mending Rol, dari pada rumah ngutang trus sesuatu yg parah terjadi, lalu kita di usir debt collector.
S : sesuatu yg parah maksud nya?
T : Ya, di pecat kerja misal nya. :D
S : hahaha. Aku pernah merasakan ketakutan itu men. jadi nya dulu itu yg ada di pikiran saya cuma KERJA, KERJA, KERJA. biar ndak di pecat. sampe sampe pernah bikin status "ketika rasa bosan dan jenuh melanda dalam pekerjaan, pikirkan lah cicilan tiap bulan". ;)
T : Ya seperti itulah.
S : eh men, tapi bagus juga lho. Hutang, salah satu motivasi terkuat untuk mencari rejeki, bekerja misal nya.
T : Ya betul pake banget.
S : Lha? tapi ndak mau lagi hutang ke bank.
T : Gini ya, hutang kan sama dengan kewajiban. g punya hutang di bank bukan berarti ndak punya kewajiban lagi kan. Masih byk kewajiban lain buat motivasi kita dalam mencari rejeki. Ada keluarga yg meti kau nafkahi, ada hak2 org sekitar yg harus kau sedekahi, ada zakat yg harus kau bayar, banyak mesjid buat berinfak. cemana? Suai?
S : Hmmmm...suai men. Pakai banget dah.
T : Satu lagi men, coba pikir waktu baru2 kau berutang dulu. benar ndak kayak gini. kau punya cicilan yang harus kau bayar tiap bulan. kau kerja mati2an. Bos mu tau kau banyak cicilan, kau sangat perlu untuk tetap bekerja di perusahaan itu. Bos mu tau itu. Dia sangat tau kau takut kehilangan kerjaan itu. lalu kerjaan mu di tambah. beban kerja mu semakin berat. kau seperti kerbau yg di cucuk di hidung nya, lalu kau bilang "litel litel tu mi, litel litel tu mi, salari no ap ap". kau jenuh, stress. Indah kah rasa nya hidup kau itu?
S : indah men, ketika gajian dan bayar hutang.
T : Habis itu?
S : Lesu lagi sampe tgl 25 berikut nya.
T : (Nyengir). Aku dulu gitu jugak men. Gaji 5 juta nyo. Setelah keluar sana sini ngepress. Naik gaji gitu jugak. naik lagi gitu juga. Ndak pernah cukup gaji. Numpang lewat aja.
S : hhmm...jadi apa rencana kau men?
T : Alhamdulillah penjualan rumah dulu ada sisa nya. Kubelikan tanah. nah ini tanah nya kemaren di tawar orang separoh nya. kalau jadi cukup ni untuk bangun rumah tipe 36 men.
S : bangun nya pake Cash??
T : masak balik ngutang lagi men? ya cash lah. Kan Allah dah janji, kalau kita ninggalin sesuatu karna Dia, maka bakal di ganti nanti dengan yg lebih baik. yg janji Allah lho.. Bukan cagub atau cawagub. Ya pasti ditepati lah.
S : Kalau tak kunjung ditepati men?
T : Ya berarti hubungan kita dengan Allah belum baik. Perbaiki dulu.
S : oh iya, gmn kau begitu yakin anak mu bisa survive sampe besr nanti?
T : Oh itu, nanti lah kita bahas. dah sampai kayak nya kita. mancing dulu aku. kau mau motret2 juga kan.
S : Oh ok.
Ku parikir si ijo, sambil nyari pohon rindang buat berteduh. ku urungkan niat buat motret karna terik nya ndak persahabat. Sementara sang teman mulai memancing, aku lebih memilih buat bebabaring santai di bawah pohon akasia ini. merenungkan setiap ucapan nya tadi. rasa pedih tusukan panah yg datang tadi tiba2 berangsur hilang. perlahan aku mulai terlelap karna angin cepoi cepoi yg menerpa.

Source: Rolly Handerson
Tentang RIBA Harta dan ketakutan yang Mendalam Tentang RIBA Harta dan ketakutan yang Mendalam Reviewed by Admin on 7:52:00 AM Rating: 5

Ad Home

Powered by Blogger.